Hiburan

Profil Taylor Swift, Artis Cantik dengan Segudang Penghargaan

Profil Taylor Swift
Taylor Swift

KEBARUAN.com – Taylor Alison Swift, atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Taylor Swift, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Amerika Serikat.

Lahir pada tanggal 13 Desember 1989 di West Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat, Taylor Swift telah aktif di industri musik sejak tahun 2003.

Karier MusikTaylor Swift pindah ke Nashville, Tennessee pada usia 14 tahun untuk mengejar kariernya di musik country.

Baca juga: Tren Gaya Rambut 2023, Anda Suka yang Mana?

Album studio debutnya yang bernama sama seperti namanya merupakan album tahun 2000-an terlama yang berada di Billboard 200. Single ketiga album, “Our Song”, menjadikannya sebagai penyanyi termuda yang menulis sendiri dan membawakan sebuah lagu nomor satu di tangga lagu Billboard Hot Country Songs.

Album studio kedua Swift, Fearless (2008), mengusung gaya country pop dan memenangkan Penghargaan Grammy sebagai Album Terbaik Tahun Ini. Didukung oleh kesuksesan single-single bergenre campuran seperti “Love Story” dan “You Belong with Me”, Fearless disertifikasi Berlian oleh Recording Industry Association of America (RIAA).

Speak Now, album studio ketiganya, percampuran country pop dengan perpaduan rock dan menghasilkan single-single 10 besar yaitu “Mine” dan “Back to December”. Album studio keempat Taylor Swift, Red (2012), bereksperimen dengan aliran pop, rock, dan elektronik.

Dengan album studio kelimanya, 1989 (2014), dia mengumumkan transisi penuhnya kedalam pop. Rekaman pop ini membuat Taylor Swift menjadi artis solo wanita pertama yang memenangkan Penghargaan Grammy kategori Album Tahun Ini sebanyak dua kali dan menghasilkan tiga lagu nomor satu di Billboard Hot 100—”Shake It Off”, “Blank Space”, dan “Bad Blood”.

Dia kembali memasukkan bunyi pop-elektronik dalam dua album studionya yang berikutnya: Reputation (2017), yang menggabungkan elemen dari hip hop dan menghasilkan single nomor satu di Billboard Hot 100, “Look What You Made Me Do”, Lover (2019), yang merupakan album terlaris di dunia tahun 2019.

Album studio kedelapan Taylor Swift yang beraliran indie folk dan rock alternatif, Folklore (2020), dan single utamanya, “Cardigan”, membuatnya menjadi artis pertama yang memuncaki Billboard 200 dan Hot 100 secara bersamaan. Dan mengulang lagi kesuksesan dengan merilis Album studio kesembilan masih dengan indie folk dan rock alternatif, Evermore dengan hits no.1 “Willow”.

Baca juga: Berikut 14 Artis yang Dukung Anies-Muhaimin

Kehidupan PribadiTaylor Swift adalah anak pertama dari pasangan suami istri Scott Kingsley Swift dan Andrea Gardner. Dia memiliki seorang saudara laki-laki bernama Austin Swift. Selain itu, dia juga dikenal dengan nama lain Nils Sjöberg.

PenghargaanTaylor Swift telah menerima berbagai penghargaan bergengsi selama karirnya. Hingga Februari 2019, ia telah meraih 10 Grammy Awards, 23 American Music Awards, 23 Billboard Music Awards, dan 12 Country Music Association Awards. Selain itu, majalah Rolling Stones juga memasukkan namanya ke dalam daftar 100 Penulis Lagu Terbaik Sepanjang Masa..

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top