Nasional

Peluang Menang Kian Besar, Masyarakat Disabilitas Nasional Deklarasi untuk AMIN

KEBARUAN.COM – Hari ini, Senin, 25 Desember 2023, salah satu organisasi penyandang disabilitas di Indonesia, yaitu Disabilitas Indonesia Bergerak (DISIBER), menyelenggarakan Focused Group Discussion (FGD). DISIBER sebagai organisasi, telah memutuskan untuk mengusung dan mendukung pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Gus Muhaimin Iskandar (AMIN). FGD ini dihadiri oleh perwakilan penyandang disabilitas secara hybrid (luring/offline dan daring/online). Perwakilan komunitas disabilitas dari 5 provinsi di Pulau Jawa, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, menghadiri FGD ini secara luring/offline. Sementara, erwakilan penyandang disabilitas di luar Pulau Jawa, mengikuti FGD ini secara daring/online.

Acara dimulai pukul 9.00 wib, dibuka dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dengan sesi seremoni, yaitu, pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan dan doa pemenangangan dari Koordinator D.I.Y, DISIBER, Gus Muhammad Mustafid (Gus Tafid). Gus Tafid juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Aswaja Nusantara, di Mlangi, Sleman, D.I. Yogyakarta. Dalam sambutannya, Gus Tafid menyampaikan, bahwa yang utama bukanlah hasil akhir, akan tetapi adalah bagaimana bisa istiqomah dalam keimanan, atau tetap berpegang teguh pada prinsip hidup yang dipegang, dalam perjuangan, karena lawan yang dihadapi adalah paslon yang memiliki modal uang dan kekuasaan yang berlimpah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Musyawarah Pemenangan Pasangan Calon nomor urut 1, Anies – Muhaimin (AMIN). Sesi musyawarah meliputi pemetaan wilayah, dan pembentukan koordinator tim relawan pemenangan paslon AMIN pada kelompok masyarakat disabilitas tingkat provinsi. Berikutnya, penyusunan strategi pemenangan paslon AMIN pada kelompok disabilitas. Selanjutnya, adalah program rencana aksi bagi penyandang disabilits di Indonesia, ke depan. Acara ini rencananya, akan ditutup dengan jumpa pers, berupa deklarasi dukungan untuk pemenangan paslon Anies – Muhaimin (AMIN), dalam kontestasi Pilpres 2024.

Secara populasi, kaum difabel atau penyandang disabilitas, menurut data Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), adalah berjumlah 8,5%, atau sekitar 22,97 juta (Sumber: kemenkopmk.go.id, diakses 25 Desember 2023). Artinya, jika solid mendukung paslon AMIN, maka akan memiliki dampak yang cukup signifikan dalam pemenangan pasangan calon AMIN.

Secara program, paslon AMIN, adalah kandidat dalam kontestasi Pilpres (Pemilu Presiden) 2024, yang memiliki program paling kongkrit untuk penyandang disabilitas (kaum difabel). Selain itu, program paslon AMIN untuk penyandang disabilitas, juga memiliki perspektif difabel. Artinya, paslon AMIN tidak hanya merancang program-program yang sifatnya charity atau “pemberdayaan” belaka, tetapi juga bertolak dari sudut pandang bahwa yang utama adalah berbagai akses yang setara dan fasilitas penunjang, untuk mengatasi berbagai hambatan fisik maupun non-fisik, yang dimiliki oleh penyandang disabilitas/kaum difabel.

Baca jugaBerbagai Program Kongkrit AMIN untuk Penyandang Disabilitas

Anies Baswedan, selama menjabat sebagai Gubernur DKI (Daerah Khusus Ibukota), telah menjalankan berbagai program kongkrit untuk penyandang disabilitas, seperti pengadaan pelican cross, yaitu akses penyeberangan yang sangat ramah terhadap penyandang disabilitas. Selain itu, penyandang disabilitas juga direkrut sebagai pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Penyandang disabilitas juga dikecualikan dari program ganjil – genap plat nomer kendaraan. Di stasiun MRT, penyandang disabilitas juga diberikan aplikasi khusus, untuk menudahkan mereka (Sumber: Harsa Permata, dalam artikel yang berjudul “Presiden Pro-Difabel, Mungkinkah”, Harian Kedaulatan Rakyat, 13 Oktober 2023). Kaum difabel juga diberikan kartu penyandang disabilitas Jakarta (KDPJ), dengan kartu ini kaum difabel/penyandang disabilitas, bisa mendapat akses bantuan tunai, subsidi pangan, dan akses gratis untuk transportasi umum (Sumber: Muhammad Mustafid, dalam artikel “Berbagai Program Kongkrit AMIN untuk Penyandang Disabilitas, kebaruan.com, diakses 25 Desember 2023).

Itulah beberapa program kongkrit Anies Baswedan yang telah beliau jalankan selama memimpin Jakarta. Artinya, keberpihakan Anies, capres paslon AMIN, terhadap kaum difabel/penyandang disabilitas sudah jelas dan nyata. Oleh karena itu, harapannya, salah satu ikhtiar, yang dilakukan oleh organisasi penyandang disabilitas pendukung AMIN, Disabilitas Indonesia Bergerak (DISIBER) ini, bisa memberikan kontribusi yang cukup berarti untuk pemenangan paslon pro difabel, yaitu Anies – Muhaimin (AMIN), dalam kontestasi Pilpres 2024.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top