Pemilu

5 Gagasan Anies Baswedan untuk Perubahan Indonesia

KEBARUAN.com – Universitas Gadjah Mada mengundang tiga bakal calon presiden untuk memaparkan gagasan mereka untuk Indonesia jika terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024.

Acara “adu gagasan” itu digelar dalam acara Mata Najwa yang dipusatkan di kampus UGM, Yogyakarta, Selasa, 19 September 2023.

Salah satu bacapres yang hadir adalah Anies Baswedan dan ia memaparkan sejumlah gagasannya jika ia terpilih menjadi presiden.

Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) ini tampil pertama membeberkan lima gagasan dalam acara Mata Najwa tersebut.

Pertama, Anies menginginkan setaranya akses fasilitas dasar di Indonesia, dimulai dari akses kesehatan. Ia menginginkan agar akses kesehatan dimulai dari kandungan ibu hingga anak lahir dan berkembang dijamin melalui program negara.

Kedua, Anies menyoroti pentingnya akses pendidikan di Indonesia lantaran sektor tersebut merupakan bekal utama untuk mengembangkan potensi setiap manusia.

Ketiga, lapangan pekerjaan yang setara bagi seluruh masyarakat. Sebab menurutnya perekonomian saat ini masih tersentralisasi di DKI Jakarta.

Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menargetkan 14 kota lain bisa menjadi pusat perekonomian sehingga bisa terciptanya lapangan kerja yang luas.

Keempat, Anies menginginkan terbentuknya tata kelola kebutuhan dasar, misalnya pemenuhan beras bagi mereka yang statusnya pra sejahtera di tengah kenaikan harga kebutuhan hidup. Ia juga menginginkan agar petani sejahtera dengan cara mengoreksi tata niaga dan memerangi mafia di bidang pertanian.

Kelima, prioritas penegakan hukum yang adil, pemberantasan korupsi, dan meningkatkan kredibilitas pengadilan. Anies juga menginginkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali independen seperti dahulu sebelum revisi UU KPK.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top