Ibra

Arti Muhaimin dalam Asmaul Husna dan Cara Mengamalkannya

Arti Muhaimin dalam Asmaul Husna
Arti Muhaimin dalam Asmaul Husna (Foto ilustrasi: Joko Narimo/ Pixabay)

KEBARUAN.com – Muhaimin artinya apa menjadi kata kunci yang banyak orang cari di pencarian Google. Entah mengapa kata kunci tersebut banyak yang mencari. Namun jika melihat situasi sekarang, Muhaimin itu merujuk pada seorang nama yang saat ini menjadi Bakal Calon Presiden dan juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar.

Bagi Anda yang bingung tentang apa artinya Muhaimin, berikut penjelasan dari Tim Kebaruan yang dilansir dari berbagai sumber.

Arti Muhaimin

Muhaimin berasal dari kata Al-Muhaimin yang merupakan salah satu dari 99 Asmaul Husna, nama-nama baik Allah SWT. Dalam bahasa Arab, Al-Muhaimin (الْمُهَيْمِنُ) berarti “Yang Maha Pemelihara” atau “Yang Maha Pelindung”.

Baca juga: Muhaimin Satu-satunya Ketum Partai yang Bisa Putuskan Mandiri

Al-Muhaimin memiliki arti sebagai Allah yang Maha Pemelihara atau Maha Pelindung dalam Asmaul Husna. Sifat Al Muhaimin milik Allah SWT sendiri tertuang dalam firmanNya surah Al Hasyr ayat 23. Dalam konteks ini, pemeliharaan merujuk pada pengawasan dan perlindungan Allah terhadap seluruh makhluk-Nya.

Makna Al Muhaimin sendiri diperdebatkan oleh para ulama. Ada yang berpendapat, Al Muhaimin memiliki makna serupa dengan Al Mukmin, sebagaimana derivasi kata Al Muhaimin adalah Al Muamin. Di sisi lain, para ulama lain berargumen bahwa kata Al Muhaimin merupakan turunan dari haimana-yuhaiminu. Berdasarkan hal itu, Al Muhaimin artinya memelihara, menjaga, mengawasi, dan menjadi saksi pada sesuatu serta memeliharanya.

Konteks memelihara tersebut dimaknai dengan terpeliharanya keperluan seluruh makhluk ciptaanNya. Mulai dari pekerjaan, rezeki, ajal, hingga segala urusan di dunia. Untuk itu, sifat Al Muhaimin menjadi bukti bahwa Allah SWT bukan sekadar menciptakan makhluk. Namun Dia sebagai Dzat Pencipta telah menyiapkan rezeki masing-masing pada ciptaanNya sesuai dengan surah Hud ayat 6.

Pemeliharaan yang dilakukan Allah SWT juga mencakup sisi amal perbuatan makhlukNya. Hal ini sekaligus beririsan dengan sifatNya sebagai Dzat Yang Maha Mengawasi. “Pemeliharaan Allah bersifat tetap dan tidak terbatas, meliputi seluruh makhlukNya sejak diciptakan hingga punah. Atas dasar itulah Allah mengetahui kegiatan makhlukNya,” bunyi keterangan dari buku Agar Keinginan Cepat Terkabul oleh Imam al-Ghazali.

Meneladani Asmaul Husna Al Muhaimin yang artinya memelihara dapat dilakukan dengan cara memelihara apa yang kita miliki.

Cara mengamalkan Al-Muhaimin

Mengamalkan sifat Al-Muhaimin dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Menjaga Amanah

Sebagai seorang Muslim, kita harus menjaga amanah yang diberikan kepada kita, baik itu dalam bentuk materi maupun non-materi. Ini mencakup menjaga kepercayaan orang lain, menjaga rahasia, dan memenuhi janji kita.

2. Menjaga Diri dan Orang Lain

Kita harus menjaga diri kita dari perbuatan yang tidak baik dan membantu melindungi orang lain dari bahaya. Ini bisa berarti menjaga kesehatan fisik dan mental kita, serta membantu orang lain yang membutuhkan perlindungan atau bantuan.

3. Menjaga Lingkungan

Kita juga harus menjaga lingkungan di sekitar kita. Ini bisa berarti menjaga kebersihan lingkungan, merawat tumbuhan dan hewan, dan berusaha untuk mengurangi dampak negatif kita terhadap lingkungan.

4. Menjaga Ibadah

Kita harus menjaga ibadah kita dan berusaha untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Ini mencakup sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, dan ibadah lainnya.

Baca juga: Kisah Mimpi tentang Gus Imin Gendong Mbah AMIN ke Istana

5. Menjaga Akhlak

Kita harus berusaha untuk selalu menjaga akhlak kita dan berperilaku dengan cara yang mencerminkan nilai-nilai Islam.

Dengan melakukan hal-hal di atas, kita dapat berusaha untuk mengamalkan sifat Al-Muhaimin dalam kehidupan sehari-hari kita.

Sumber:

(1) Arti Muhaimin dalam Asmaul Husna dan Cara Meneladaninya – detikcom.
(2) Asmaul Husna Al Muhaimin Artinya Maha Mengatur, Dalil & Maknanya – Tirto.ID. .
(3) Al-Muhaimin Artinya “Yang Maha Pemelihara” Asmaul Husna.
(4) Al Muhaimin Artinya Maha Memelihara dan Mengawasi: Ini Dalilnya.
(5) Arti Al Muhaimin Asmaul Husna Nama Baik Allah SWT di Dalam Al-Quran 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top