Nasional

Pesantren Favorit dan Terbesar di NU, Lirboyo, Mendukung AMIN

KEBARUAN..COM – Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kediri, yang memiliki jumlah massa besar, yaitu sekitar jutaan massa, mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Anies – Gus Muhaimin (AMIN), dalam kontestasi Pilpres 2024. Pernyataan dukungan tersebut, disampaikan oleh dua pengasuh utama Ponpes Lirboyo, yaitu KH Muhammad Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi Manshur. Informasi terkait dukungan tersebut didapat melalui sebuah video pernyataan dukungan, yang diberikan kepada salah satu redaksi media online, Kumparan.com, pada tanggal 17 Desember 2023, oleh Wakil Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), Jazilul Fawaid (Gus Jazil). Video tersebut diambil sehari sebelumnya, yaitu tanggal 16 Desember 2023.

Ponpes Lirboyo sendiri, pada Pilpres 2019, menyatakan dukungan terhadap paslon Jokowi – Kyai Ma’ruf Amin. Hal yang berujung pada kemenangan Jokowi dalam kontestasi Pilpres tersebut (Sumber: tempo.co, diakses 17 Desember 2023). Potensi paslon AMIN untuk meraup suara besar di Jawa Timur umumnya, dan Kediri, khususnya, akan cukup besar, karena Ponpes Lirboyo sendiri adalah Ponpes yang sangat terkenal atas kesolidan massanya.

Terkait alasan pemberian dukungan, adalah karena sosok cawapres (Calon Wakil Presiden), Gus Muhaimin Iskandar, yang merupakan orang NU (Nahdlatul Ulama), dan kader NU tulen. JIka orang NU memilih orang NU dan kader NU tulen, insyaAllah akan membawa berkah, begitu diungkapkan oleh KH Muhammad Anwar Manshur, dalam pernyataan dukungannya. KH Abdullah Kafabihi Manshur menambahkan baru kali ini para Kyai dan Gus kompak mendukung PKB. Juru Bicara (Jubir) pemenangan AMIN, Jawa Timur, yaitu Fauzan Fuadi mengatakan bahwa dukungan dari Ponpes Lirboyo Kediri ini adalah selayaknya booster besar bagi pemenangan AMIN.

Gus Muhaimin Iskandar sendiri, sebagai kader NU tulen, sudah berjuang semenjak mahasiswa melalui organisasi mahasiswa, yang merupakan Badan Otonom PB (Pengurus Besar) NU, yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Inilah bukti kongkrit Gus Muhaimin, sebagai kader NU tulen.

NU sebagai organisasi massa Islam yang memiliki jumlah massa dan anggota, yang sangat besar, menurut survei SMRC (Saiful Mujani Research & Consulting), memiliki sekitar 40 juta anggota, yang terdaftar sebagai pemilih di Pilpres 2024 (Sumber: nu.or.id, diakses 17 Desember 2023). Untuk diketahui, jumlah suara yang diraup oleh paslon Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada tahun 2024 adalah sebanyak 85 juta suara (Sumber: kompas.com, diakses 17 Desember 2023). Artinya, jika suara semua anggota NU yang terdaftar sebagai pemilih dalam Pilpres 2024, solid mendukung pasangan Anies – Gus Muhaimin (AMIN), maka dengan demikian sudah mencapai hampir setengah dari suara pemilih Jokowi pada Pilpres 2019.

Baca jugaPotensi Kemenangan AMIN, Menurut Survei Litbang Kompas

Figur Gus Muhaimin Iskandar, sebagai cawapres, yang kental ke-Nu-annya, pada dasarnya sangat menentukan preferensu pemilih NU dalam Pilpres 2024. Secara politik, Gus Muhaimin juga adalah Ketua Umum PKB, yang dilahirkan oleh para kader NU tulen, dan memiliki basis massa NU. Selain itu, latar Calon Presiden, Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden, Gus Muhaimin Iskandar, yang pernah berdialektika sebagai aktivis mahasiswa, sangat menentukan watak dan sikap demokratis, yang dimiliki oleh mereka, sebagai seorang pemimpin. Dalam sejarah pemilu langsung, biasanya masyarakat Indonesia lebih memilih kandidat atau pasangan calon, yang memiliki sikap dan watak demokratis, sebagaimana yang dimiliki dan ditampilkan oleh Pak Anies dan Gus Muhaimin, dalam komunikasi politiknya, yang sangat terbuka (demokratis), suka humor, dan pandai memanajemen dirinya secara luar dalam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top