Nasional

Hasil Survei Starpoll, AMIN Berpotensi Menang di Putaran Kedua

KEBARUAN.COM – Salah satu lembaga konsultan politik nasional, Starpoll, merilis hasil survei mereka pada tanggal 3 Januaari 2024. Cakupan riset mereka adalah 6 provinsi di Pulau Jawa. Jumlah responden yang mengikuti survei adalah 1.400 orang, margin of error kurang lebih, 2,6%, sementara tingkat kepercayaan survei adalah 95%. Survei diselenggarakan pada tanggal 10 – 24 Desember 2024. 

Hasilnya adalah, Pilpres kemungkinan besar berlangsung dua putaran, dengan suara paslon (Pasangan Calon) nomor urut 1, Anies – Muhaimin (AMIN) menempel ketat paslon nomor urut 2, Prabowo – Gibran. AMIN meraih 32,6% suara, Prabowo-Gibran, 37,9%, sementara paslon nomor urut 3, Ganjar – Mahfud berada di urutan ketiga, dengan perolehan suara 18,6% (Sumber: fajar.co.id, diakses 6 Januari 2024).

Baca jugaSurvei dari Australia: Elektabilitas AMIN Melonjak Signifikan

Hal yang menarik, adalah dalam simulasi head to head, paslon AMIN unggul dari paslon manapun. Ketika berhadapan dengan Prabowo-Gibran, paslon AMIN meraih 47,4% suara, sedangkan Prabowo-Gibran hanya memperoleh 40,6% suara. Saat head to head dengan Ganjar-Mahfud, AMIN memperoleh 57,6% suara, sementara Ganjar-Mahfud hanya 26,1% suara (Sumber: kumparan.com, diakses 6 Januari 2024).

Hasil survei Starpoll, dengan margin of error relatif rendah ini, jika dibandingkan dengan lembaga-lembaga survei lainnya, yang margin of error surveinya di rentang 2,75% – 2,9%, pada dasarnya mencerminkan kenyataan/realitas sebenarnya. Realitas tersebut, adalah kesadaran politik masyarakat, khususnya yang berada di Pulau Jawa, saat ini di lapangan. Hasil survei yang mengunggulkan pasangan AMIN ini, bermakna, bahwa kesadaran politik mayoritas rakyat menginginkan perubahan dari kondisi sekarang.

Baca jugaMemahami Ide AMIN tentang Pembangunan Terpadu Desa dan Kota

Persoalannya kemudian, apakah kesadaran politik rakyat di Pulau Jawa khususnya, dan di seluruh Indonesia, pada umumnya, akan seperti ini pada hari pencoblosan, tanggal 14 Februari 2024? Untuk itu, tim pemenangan AMIN, atau Timnas AMIN, dengan dibantu oleh semua pihak yang mendukung paslon AMIN dalam kontestasi Pilpres 2024, harus mampu mengkondisikan kesadaran politik rakyat. Bagaimana caranya? Yaitu dengan semaksimal mungkin mengkomunikasikan semua visi misi paslon AMIN, terkait perubahan Indonesia, ke arah yang lebih baik, kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya yang memiliki hak pilih dalam Pemilu 2024.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top