Nasional

Hanya dengan Demokrasi, Perubahan akan Tiba

Foto Dr. Untoro Hariadi (Ketua Majelis Nasional SKI)

Pernyataan Sikap Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Atas Situasi Sosial Politik Terkini, Khususnya Terkait Dengan Indikasi Kecurangan Dalam Pemilu/ Pilpres 2024

KEBARUAN.COM – Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) sebagai organisasi sosial kebangsaan yang memperjuangkan perubahan, perlu menyampaikan respon atas situasi politik menjelang Pemilu/ Pilpres 2024, khususnya terkait dengan terbongkarnya berbagai indikasi kecurangan dalam proses Pemilu/ Pilpres 2024 sehingga berpotensi merusak legitimasi kepemimpinan bangsa ke depan dan menjatuhkan marwah Indonesia sebagai negara dan bangsa yang berkeadaban luhur.

SKI meyakini bahwa perubahan menuju kehidupan yang lebih baik, yang didalamnya terdapat aspirasi mengenai penegakan keadilan, akan terwujud apabila demokrasi dijalankan secara sungguh-sungguh dan konsisten. Bagi SKI: hanya dalam demokrasi, perubahan akan tiba.

Baca jugaSiaran Pers Jaringan Rakyat Kota Jakarta (JRKJ)

Pemilihan Umum/ Pemilihan Presiden tanggal 14 Februari 2024 akan menjadi momen kedatangan perubahan apabila seluruh pihak yang bertanggungjawab atas terselenggaranya Pemilu/Pilpres secara jujur dan adil melaksanakan tanggungjawabnya dengan integritas moral yang tinggi. Sebaliknya, Pemilu/Pilpres 2024 akan gagal menghadirkan perubahan manakala demokrasi digunting sehingga membatasi pula kemungkinan bagi terlaksananya Pemilu/ Pilpres berkualitas yang dapat mencerminkan kehendak rakyat Indonesia.

Baca jugaDilema Pilpres Dan Chaos

Apabila pelaksanaan Pemilu/ Pilpres 2024 penuh dengan kecurangan, cita-cita perubahan akan terus mencari rute-rute tak terduga. Jika demokrasi digunting, keadilan akan menemukan jalannya sendiri.

Betapapun terjal dan berliku jalan untuk menghadirkan perubahan, SKI menghimbau kepada seluruh pejuang perubahan untuk bekerja seoptimal mungkin: memenangkan perubahan dan mengawal suara perubahan di tingkat TPS hingga rekapitulasinya. Untuk mendukung uopaya menjaga agar suara aspirasi perubahan tidak dicuri, pejuang perubahan dihimbau untuk terus memelihara soliditas, kondusifitas dan ketertiban masyarakat antara lain dengan mengaktifkan kembali ronda keliling di lingkungan masing-masing.

Yogyakarta, 13 Februari 2024

Dewan Pimpinan Pusat SKI

Dr. Untoro Hariadi
Ketua Majelis Nasional

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top