Pemilu

Mengenal Anies Baswedan: Prestasi dan Gagasannya untuk Indonesia

Anies Baswedan negara kekuasaan
Anies Baswedan (Foto: Tim AMIN)

KEBARUAN.COM – Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., lahir di Kuningan, Jawa Barat, pada 7 Mei 1969. Ia adalah seorang akademisi, aktivis sosial, dan politisi Indonesia. Anies adalah cucu dari Abdurrahman Baswedan, seorang jurnalis, diplomat, dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia juga merupakan sepupu dari Novel Baswedan.

Anies menikah dengan Fery Farhati Ganis pada tanggal 11 Mei 1996 dan mereka memiliki empat anak: Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan.

Anies memulai karirnya sebagai akademisi. Ia menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina selama delapan tahun dan menggagas gerakan Indonesia Mengajar. Pada tahun 2013, ia ikut serta dalam konvensi calon presiden yang diselenggarakan oleh Partai Demokrat.

Baca juga: Anies Kritik PSN, Berikut Daftar Proyek Strategis Nasional Jokowi

Pada bulan Oktober 2014, ia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja. Namun, ia dicopot dua tahun kemudian.

Anies dan Sandiaga Uno diusung oleh PKS dan Gerindra memenangkan pemilihan umum gubernur DKI Jakarta tahun 2017 mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama. Sebagai gubernur, Anies mengubah sistem sewa rumah susun, membatalkan beberapa proyek reklamasi di Teluk Jakarta, membentuk Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), memfokuskan pembangunan sumur resapan untuk menanggulangi banjir Jakarta, dan membangun Stadion Internasional Jakarta. Melanjutkan janji kampanyenya, ia mengimplementasikan program pembentukan wirausahawan baru melalui OK Oce.

Pada bulan September 2022, Anies menyatakan bahwa dirinya siap mencalonkan diri menjadi Presiden Indonesia pada pemilihan presiden tahun 2024. Ia dideklarasikan sebagai bakal calon Presiden oleh Partai NasDem pada bulan Oktober 2022, beberapa bulan sebelum tahapan pemilihan presiden secara resmi dimulai.

Kemudian pada Sabtu, 2 September 2023, Anies Baswedan resmi dideklarasikan sebagai Bakal Capres berpasangan dengan Bakal Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dari PKB. Keduanya diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB dan PKS.

Pasangan yang disingkat dengan Anies-Muhaimin (AMIN) ini dideklarasikan di Hotel Majapahit, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Anies memang tidak langsung menghadiri deklarasi itu. Namun beberapa jam kemudian, Anies pun hadir di Sidoarjo, Surabaya, dan bersama Cak Imin masuk ke Hotel Majapahit, hotel bersejarah ketika rakyat Indonesia merobek sebagian bendera belanda hingga menjadi bendera merah putih.

Menurut Muhaimin, pasangan AMIN akan mendaftarkan diri ke KPU pada 19 Oktober 2023 mendatang. Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan persyaratan.

Program Anies saat Jadi Gubernur DKI

Berikut adalah beberapa program kerja Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta:

1. Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus)

Merevisi dan memperluas manfaat Kartu Jakarta Pintar dalam bentuk Kartu Jakarta Pintar Plus untuk semua anak usia sekolah (6-21 tahun). Juga dapat digunakan untuk Kelompok Belajar Paket A, B dan C, pendidikan madrasah, pondok pesantren dan kursus keterampilan serta dilengkapi dengan bantuan tunai untuk keluarga tidak mampu.

2. Membuka Akses Lapangan Kerja & Membangun Kewirausahaan

Mengadakan program OK OCE (One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship), untuk menghasilkan 200.000 pengusaha baru, selama lima tahun.

3. Program Hunian Terjangkau dan DP Nol Rupiah

Program ini adalah salah satu upaya mewujudkan affordable housing (hunian yang terjangkau) sebagai salah satu kebutuhan pokok dan menurunkan biaya hidup warga Jakarta.

Baca juga: Anies Sindir PSN Jadi Titipan, Jokowi dan Ganjar Minta Bukti

4. Transportasi Terintegrasi

Membangun sistem transportasi umum yang terintegrasi dalam bentuk interkoneksi antarmoda, perbaikan model manajemen layanan transportasi umum, memperluas daya jangkau transportasi, pengintegrasian sistem transportasi umum dengan pusat pemukiman, pusat aktivitas publik, dan moda transportasi publik dari luar Jakarta.

5. Menghentikan Reklamasi

Menghentikan reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir dan segenap warga Jakarta.

6. Kartu Jakarta Sehat Plus

Memperluas cakupan jaminan kesehatan kelas satu oleh pemerintah provinsi bagi para guru mengaji, pengajar sekolah minggu, penjaga rumah ibadah agama, khatib, penceramah, dan pemuka agama².

7. Menambah Pusat Kuliner Jakarta

Menambah pusat jajanan berbasis PKL dan menyelenggarakan festival kuliner untuk meramaikan pusat kuliner Jakarta.

8. Menghidupkan Kembali Titik-Titik Sejarah di Jakarta

Membentuk konsorsium untuk kawasan sejarah, mempermudah akses transportasi ke sana, dan mengajak masyarakat terlibat dalam perbaikan tempat sejarah.

9. Mengembangkan Wisata Konvensi Jakarta

Menjadikan Jakarta sebagai tempat konvensi dan pertemuan internasional.

10. Revitalisasi Museum

Menghidupkan museum dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengadakan kegiatan di museum, bekerja sama dengan swasta untuk menyemarakkan museum.

11. Revitalisasi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin

Menggabungkan PDS HB Jassin di bawah Pemprov Jakarta, mendorong pihak swasta dalam digitalisasi karya sastra, menyelenggarakan kegiatan sastra dan budaya yang berpusat di HB Jassin.

12. Membangun Taman Benyamin Sueb

Selain itu, berikut adalah beberapa program kerja Anies Baswedan yang dinilai memuaskan oleh warga:

1. Taman Maju Bersama (RPTRA): 84,2%

2. Penerangan Jalan: 81,9%

3. Kartu Jakarta Sehat (KJS) Plus: 80,3%

4. Pengelolaan Sampah: 77%

5. Pemeliharaan Jalan: 76,2%

6. JakLingko: 75%

7. Program Air Bersih: 73,8%

Sejumlah prestasi lain Anies Baswedan termasuk:

1. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC)

Ajang balap mobil listrik internasional, Formula E sukses digelar di DKI Jakarta pada 4 Juni 2022.

2. Jakarta Internasional Stadium (JIS)

Anies berhasil menyelesaikan pembangunan stadion sepak bola yang diberi nama Jakarta Internasional Stadium (JIS) berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepuasan warga terhadap Anies

Berdasarkan beberapa survei yang dilakukan, mayoritas masyarakat merasa puas dengan kinerja Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Berikut adalah beberapa temuan dari survei tersebut:

1. Survei yang dilakukan oleh Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) pada Juli 2022 menunjukkan bahwa 76,9% masyarakat puas dengan kinerja Anies Baswedan. Alasan utama kepuasaan tersebut tertuju pada aspek kinerjanya bagus (26,5%), Jakarta lebih rapi (12,6%), banyak perubahan (12,6%), dan Anies orangnya pintar (10,4%).

Baca juga: Para Masyaikh NU Dukung Anies-Cak Imin, Gus Kautsar: Santri Tinggal Tunggu Peluit

2. Survei yang dilakukan oleh Populi Center menunjukkan bahwa 73,3% responden mengaku puas dengan kinerja Anies Baswedan. Tingkat kepuasan terhadap kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta juga relatif tinggi, dengan rerata tingkat kepuasan pada angka 7,61 dari skala 1-10 dan akumulasi skor 6-10 (positif/puas) sebesar 86%.

3. Survei yang dilakukan oleh Indostrategic menunjukkan bahwa popularitas Anies mencapai 98,2% sedangkan ketersukaan masyarakat pada Anies mencapai 81,4%.

Gagasan Anies Baswedan untuk Perubahan

Anies Baswedan resmi menjadi Bakal Calon Presiden didampingi Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Keduanya menyatakan diri sebagai pasangan AMIN atau Anies-Muhamin.

Sebagai Bacapres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai NasDem, PKB dan PKS, Anies memiliki beberapa gagasan utama untuk perubahan, antara lain:

1. Kesetaraan dalam akses kesehatan

Anies berpendapat bahwa setiap individu harus memiliki akses yang sama terhadap layanan kesehatan.

2. Kesetaraan pendidikan

Anies percaya bahwa pendidikan adalah hak semua orang dan setiap individu harus memiliki akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas.

3. Kesetaraan lapangan pekerjaan bagi semua

Anies berpendapat bahwa setiap individu harus memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan.

4. Keterjangkauan dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok

Anies berpendapat bahwa bahan kebutuhan pokok harus tersedia dan terjangkau bagi semua orang.

5. Penegakan hukum

Anies percaya bahwa hukum harus ditegakkan secara adil dan merata.

Baca juga: 5 Gagasan Anies Baswedan untuk Perubahan Indonesia

Anies juga menjelaskan bahwa perubahan yang diinginkannya bukanlah soal melanjutkan atau tidak melanjutkan program pemerintahan sebelumnya. Perubahan yang dimaksud adalah bagaimana perubahan ini mewujudkan cita-cita bangsa sejak tahun 1945 yaitu tentang apa tujuan negara ini didirikan.

Sumber:

1. Anies Baswedan – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

2. Silsilah Keluarga dan Profil : Anies Rasyid Baswedan, Ph. D..

3. Biografi dan Profil Lengkap Anies Baswedan – Gubernur DKI Jakarta ke-19.

4. Profil Anies Baswedan: Capres Nasdem untuk Pilpres 2024 – Tirto.ID.

5. 50 Program Kerja Garapan Anies-Sandi Jika Terpilih Menjadi Gubernur DKI ….

6. 15 dari 27 Program Anies Baswedan Bikin Warga Puas, Ini Daftarnya.

7. INFOGRAFIK: 23 Janji Kerja Anies Saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta.

8. 14 Prestasi Anies Baswedan Selama 5 Tahun Jadi Gubernur DKI Jakarta ….

9. Undefined.

10. Hasil Survei: 76 Persen Masyarakat Puas Kinerja Anies Baswedan.

11. 73,3% Warga Jakarta Puas Terhadap Kinerja Anies Baswedan – Media Indonesia.

12. Hasil Survei: 76 Persen Masyarakat Puas Kinerja Anies Baswedan.

13. 83,8% Warga Puas terhadap Kinerja Gubernur DKI Anies Baswedan.

14. Survei Indostrategic: Warga Jakarta Puas Atas Kinerja Anies Baswedan 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top