Nasional

Format Debat Cawapres Sama dengan Debat Capres, Yang Beda Hanya Ini…

Debat cawapres
Ketua KPU Hasyim Asya'ari

KEBARUAN.COM – Debat calon wakil presiden yang akan digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang akan memiliki format yang sama dengan debat calon presiden. Hanya saja perbedaannya adalah pada debat cawapres, penyelenggara akan menyediakan podium untuk kandidat.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari seusai rapat Koordinasi Persiapan Debat Cawapres bersama tim kampanye dan TV penyelenggara di Kantor KPU, Jakarta, Senin, 18 Desember 2023.

Hasyim mengatakan selama Pilpres 2024 ini, pihaknya menyelenggarakan lima kali debat capres-cawapres. Sebelumnya sudah digelar debat capres perdana yang digelar pada 12 Desember 2023. Kali ini, KPU menggelar debat khusus cawapres pada 22 Desember 2023 di Jakarta Convention Center dimulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB atau selama 2 jam.

Baca juga: Tentang Debat Capres Pertama Itu

Adapun tema dalam debat cawapres ini adalah enam topik terdiri dari ekonomi kerakyatan dan digital; keuangan; investasi; pajak; perdagangan; pengelolaan APBN/APBD; infrastruktur; dan perkotaan. Jumlah tema dalam debat cawapres ini lebih sedikit dari debat capres sebanyak delapan topik.

Terkait dengan format debat, Hasyim mengatakan sama dengan debat capres. Ada enam segmen dan empat di antaranya adalah interaksi antar-cawapres.

Segmen pertama diisi dengan pemaparan visi, misi dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi, misi dan program kerja. Selanjutnya, segmen keempat dan kelima adalah tanya jawab di antara cawapres.

“Formatnya sama persis, tidak ada perubahan sebagaimana yang terjadi pada debat caon presiden yang pertama,” kata Hasyim.

Menurut Hasyim, pada segmen kedua dan ketiga debat cawapres, cawapres akan menjawab pertanyaan secara acak yang sudah dibuat 11 panelis. Pertanyaan tersebut dibacakan oleh moderator.

Baca juga: “Ndasmu Etik” dan Watak Asli Prabowo Subianto

Sementara interaksi langsung antar-cawapres akan terjadi pada segmen keempat dan kelima. Cawapres akan saling bertanya sesuai dengan tema debat.

Diketahui, Pemilu 2024 ini diikuti tiga capres dan cawapres, antara lain nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dan nomor 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Tiga cawapres yang akan mengikuti debat itu yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top