Nasional

AMIN Kian Tak Terbendung di Mataraman, 130 Pesantren Ponorogo Deklarasikan Dukungan

KEBARUAN.COM – Mataraman mengacu pada sebuah wilayah kebudayaan di Provinsi Jawa Timur, yang di dalamnya terrdapat bekas wilayah Karesidenan Madiun dan Kediri, kedua wilayah ini, dalam sejarah berada di bawah Kesultanan Mataram Islam. Karesidenan Madiun, meliputi beberapa kota dan kabupaten, seperti Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Ponorogo. Sementara, bekas Karesidenan Kediri, di dalamnya terdapat Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk,Trenggalek, dan Tulungagung (Sumber: halopacitan.com, dakses 31/12/2023).

Kabupaten Ponorogo, sebagai salah satu wilayah Mataraman, menjadi tempat yang dikunjungi oleh capres (Calon Presiden) nomor urut 1, Anies Baswedan, pada tanggal 30 Desember 2023, dengan didampingi oleh istri beliau, Fery Farhati. Anies beserta istri sempat singgah ke warung kopi yang melegenda di Ponorogo, yaitu Warung Mbah Tekluk. Beliau berdialog dengan warga sekitar yang singgah di warung tersebut.

Baca jugaPKB Melesat, PDI-P Tumbang di Dapil Jatim 10

Setelah itu, Anies mendatangi Pondok Pesantren Al Iman Putri, Kecamatan Babatan, Ponorogo. Di sana, beliau disambut oleh deklarasi dukungan 130 Pondok Pesantren di Ponorogo, yang bernaung di bawah Forum Komunikasi Pondok Pesantren. Capres Anies Baswedan, memandang dukungan dari ratusan pondok pesantren ini sebagai sebuah amanah dari para kyai dan pondok pesantren, sebagai salah satu jalan untuk berjuang bersama.

Sementara, pasangan Anies Baswedan, dalam kontestasi Pilpres 2024, yaitu Gus Muhaimin, berdialog dengan petani di Desa Sukorejo, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur. Dalam dialog tersebut para petani menyampaikan keluhan terkait berbagai persoalan, yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu harga pupuk, yang mahal dan sulit didapat. Selain itu, para petani mengeluhkan tentang menipisnya solar, sebagai bahan bakar diesel irigasi. Gus Muhaimin menjelaskan pada para petani, bahwa kesulitan, yang dihadapi oleh para petani, akan ditanggulangi dengan program pasangan AMIN, untuk fokus pada ketahanan pangan, pada tahun pertama pemerintahan, jika pasangan AMIN berhasil memenangi Pilpres 2024.

Baca jugaCatatan Kecil Kunjungan Anies Baswedan ke PP Aswaja Nusantara

Dari dua kunjungan paslon nomor urut 1 ke wilayah Mataraman ini, bisa kita lihat, bahwa dukungan untuk paslon Anies – Gus Muhaimin (AMIN), semakin membesar, dan tidak terbendung. Hal ini dikarenakan, secara riil, masyarakat di wilayah Mataraman, memiliki aspirasi, berupa keinginan akan perubahan kondisi, supaya lebih baik dari yang sekarang ini. Hal ini sejalan, dengan tujuan paslon AMIN, yaitu untuk memperjuangkan dan mewujudkan perubahan untuk menyejahterakan mayoritas rakyat. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top